Agrolokomotif : Peran Biogas dalam Mendorong Mandiri Energi dan Penanggulangan Kawasan Rawan Pangan

Energi adalah sebuah sumber daya yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk kehidupan sehari-hari, tetapi lambat lain jika energi akan habis jika digunakan terus menerus dan tidak diperbarui. Menurut Direktur Eksekutif Indonesian Petroleum Association (IPA) Dipnala Tamzil dalam koran tempo 6 Mei 2015 mengatakan, bahwa permintaan energi pada tahun 2010 adalah 3,3 juta barrel oil equivalent per day (boepd). Pada 2025, permintaan energi diperkirakan meningkat menjadi 7,7 juta boepd. Sebaliknya, pasokan energi terutama dari minyak dan gas relatif stagnan.

Tahun ini diperkirakan Indonesia kekurangan pasokan minyak dan gas sebesar 2,4 - 2,5 juta boepd. Jika tidak ada penemuan cadangan baru, 11-12 tahun lagi Indonesia akan kehabisan minyak dan gas. Kita tahu bahwa terdapat sebuah teknologi pengolahan feses ternak yang jika diolah akan menghasilkan biomassa yang dapat digunakan sebagai energi untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari yang disebut biogas. Ketika biogas dikaitkan dengan ketersediaan energi nasional, maka peran biogas menajdi sangat strategis dan memiliki nilai investasi energy yang tinggi.

Teknologi ini memproses bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut digester ini memanfaatkan limbah baik limbah kotoran ternak, manusia, jerami, sekam dan daun-daunan sisa sayuran membentuk gas methan (CH4) akibat proses fermentasi secara anaerobic (tanpa udara) oleh bakteri methan atau disebut juga bakteri anaerobic. Gas methan (CH4) yang dihasilkan jika dibakar akan menghasilkan energi panas seperti halnya gas elpiji, JIka pengolahan Biogas ini di harapkan dapat mempunyai efek berantai di sektor ekonomi dengan mengarahkan pengolahan biogas di kawasan rawan pangan disamping untuk meningkatkan ekonomi, biogas dapat menjadi sangat menguntungkan jika di integrasikan dengan peternakan dan pertanian sehingga dapat memberikan sumbangsih upaya penanggulangan krisis energy serta pengentasan kawasan rawan pangan.

Author : Yudistira Soeherman, S.pt

 

Demo

Modern Flats

Modern and trendy flats, lofts and mansions.

Demo

Cafes & Restaurants

Commercial objects located in downtown and midtown.

Demo

Urban Locations

Over 2.500 objects in urban environments.

Demo

For young people

Inner city lofts for the young generation.

Copyright © 2015, Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada
Jl. Fauna No. 3 Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513363 | Fax: (0274) 521578 | Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.